Bahaya Pakai Kosmetik Kedaluwarsa dan Kacamata Kotor

Untuk mencegah terjadinya iritasi mata, perhatikan lebih teliti kebersihan barang-barang yang Anda gunakan di sekitar mata. Termasuk kebersihan kacamata dan tanggal kedaluwarsa kosmetik.

Menurut dokter spesialis mata di Jakarta Eye Center Kedoya, dr Florence M. Manurung, SpM, penggunaan kacamata kotor dapat memang tidak menyebabkan iritasi secara langsung, namun hal ini dapat mengganggu penglihatan yang bersangkutan.

"Penglihatan pasien bisa jadi buram. Nah kalau pakai make up yang sudah kedaluwarsa memang berbahaya, yakni dapat menyebabkan peradangan kelopak mata," ujar dr Florence.

Pendapat serupa disampaikan oleh pakar kesehatan kulit dari Skinney Medspa, New York City, Hadley King, MD. Menurutnya, komposisi kosmetik yang sudah kedaluwarsa tentu mengalami perubahan konsistensi. Produk-produk ini biasanya akan mengering atau mengental. Namun yang pasti, efeknya sangat berbahaya bagi kulit, mata serta bibir.

"Semua molekul dalam produk ini dapat terurai menjadi sesuatu yang lain, dan area kulit yang terpapar oleh bahan ini tentu akan bereaksi negatif," papar King, seperti dikutip dari Women's Health Mag.

Khusus di area mata dan sekitarnya, King menjelaskan bahwa kebiasaan tidak mengecek tanggal kedaluwarsa kosmetik dan menggunakannya dapat membuat terjadinya penumpukan bakteri. Kondisi ini kemudian berujung pada infeksi dan mata merah. "Ganti maskara setidaknya maksimal tiga bulan, serta eyeliner eye shadow setelah enam bulan," pesan King.

Dilanjutkan dr Florence, beberapa hal lain yang dapat mengganggu kesehatan mata di antaranya penggunaan lensa kontak yang tak bersih. Kebiasaan ini dapat menyebabkan iritasi mata seperti mata merah, perih dan gatal. Oleh sebab itu, pakar kesehatan mata dari Berkeley, Steven Shanbom, MD, menyarankan para pemakai lensa kontak untuk mencuci tangan sebelum memakai dan melepaskan lensa kontak. 

Selain itu, sebisa mungkin hindari memakai lensa kontak terus-menerus sepanjang waktu, terutama saat mandi dan tidur. Kebiasaan ini biasanya muncul akibat malas dan nyatanya dapat menimbulkan risiko iritasi pada mata.

"Jangan lupa, iritasi mata juga bisa disebabkan oleh bakteri atau virus yg didapat dari orang sekitar melalui kontak," ujar dr Florence.

Related

kesehatan 4864243658678940457

Posting Komentar

emo-but-icon

Gomylink.blogspot.com

Menyajikan Info info disekitar kita

Technology

Peluang Usaha

Parenting

Komputer

Otomotif

item