Makan Telur Tidak Lantas Sebabkan Bisul

Ada yang bilang mengonsumsi terlalu banyak telur bisa sebabkan bisul. Jika Anda dengar pendapat macam itu, jangan mudah percaya.

"Memang bisa menyebabkan bisul, cuma untuk mereka yang bereaksi terkena bisul ketika mengonsumsi telur. Tapi itu hanya dialami sangat sedikit orang. Hanya sekitar 0,5 persen saja," kata Profesor Hardinsyah, Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, saat ditemui di sela-sela acara Karnaval Ayo Melek Gizi 2016, di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (24/1/2016). 

Bisul merupakan salah satu infeksi yang diakibatkan bakteri. Kondisi ini disebabkan karena kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan pada kekebalan tubuh. 

Selain itu, menurut dr Zaenal Abidin, mantan Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), beberapa waktu lalu sebenarnya makanan lain ada yang bisa turut menyumbang terjadinya bisul. Jadi, telur tak bisa dianggap menjadi penyebab utama bisul.

"Hampir seluruh sumber protein bisa jadi penyebab alergi sehingga faktor kebersihan itu (lebih diutamakan -red). Jadi ya kita berusaha mengubah pandangan orang telur itu bukan penyebab bisul," kata dr Zaenal. 

Bagi Anda yang mengalami bisul setelah mengonsumsi telur, Prof Hardiansyah menyarankan berhenti makan telur dan mencari makanan lain. 

"Tubuh manusia nggak diciptakan sempurna. Ketika alergi telur, coba ganti dengan ikan. Nggak bisa ikan, pilih daging. Kalau nggak bisa itu, masih banyak kok alternatif makan lainnya," terangnya.

dr Eddy Karta, SpKK dalam perbincangan dengan detikHealth beberapa waktu lalu menuturkan bisul terjadi karena pendarahan nanah yang masuk ke dalam kantung bisul. Nah, bisul tersebut bisa pecah dan bisa mengempis. Bisul tersebut dapat muncul sedikit maupun banyak karena tergantung kondisi badan.

Karena disebabkan bakteri, maka pengobatannya dengan antibakteri atau antibiotik. Jika tidak segera diobati maka bisul dapat menyebabkan munculnya bisul di sebelahnya. Jika badan panas saat memiliki bisul abses di ketiak, maka dapat menimbulkan infeksi ke seluruh tubuh.

Related

kesehatan 8996919919447790917

Posting Komentar

emo-but-icon

Gomylink.blogspot.com

Menyajikan Info info disekitar kita

Technology

Peluang Usaha

Parenting

Komputer

Otomotif

item