Tips Belanja di Pasar Tanah Abang


Siapa sih yang tidak kenal dengan pasar Tanah Abang. Pusat grosir yang dianggap salah satu grosir terbesar di Asia Tenggara ini ramai dikunjungi setiap harinya. Tidak hanya oleh orang Indonesia saja tetapi juga oleh mereka yang berasal dari negara sebelah. Orang-orang dari berbagai daerah Indonesia di luar Jawa juga bela-belain berangkat ke Jakarta Pusat untuk berbelanja di Tanah Abang.Mengapa demikian? Sebagai pasar grosir, Tanah Abang dikenal sangat murah dan bagi kamu yang memiliki naluri bisnis bisa mengambil barang untuk stok toko kamu di tempat ini. Namun, kalau kamu belum pernah belanja grosir di Tanah Abang juga harus memperhatikan beberapa hal terutama kalau kamu berasal dari luar Jakarta dan luar Jawa.Berikut beberapa hal yang mungkin akan sangat membantu ketika kamu berbelanja di Tanah Abang :
  • Pergilah berbelanja pada hari-hari biasa
Pada hari-hari libur baik weekend atau peak season karena liburan panjang atau libur nasional, biasanya pengunjung pasar Tanah Abang membludak. Belanja berdesak-desakan sangat tidak nyaman dan kurang maksimal. Terlebih kalau kamu belanja beberapa hari sebelum lebaran.Belanjalah pada hari-hari biasa. Jika kamu membutuhkan stok untuk lebaran, belanjalah beberapa minggu sebelum itu. Berbelanja harus dengan situasi yang tenang.
  • Rencanakan jenis belanja sejak dari rumah
Sebelum berangkat ke Tanah Abang kamu sebaiknya membuat perencanaan apa saja yang akan kamu beli nantinya serta berapa jumlah yang akan dibeli.Catat dalam sebuah kertas dan jadikan panduan ketika hendak berbelanja. Jika tidak nanti kamu akan menjadi pusing sesampainya di Tanah Abang.
  • Pintar tawar menawar
Meskipun pasar Tanah Abang terkenal sebagai pasar grosir yang murah, kamu tetap harus pintar menawar lho. Kalau kamu tidak menawar, ya tidak dapat harga murahnya. Bagaimanapun, setiap penjual tentu ingin mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi agar cepat balik modal.
  • Pergi bersama teman yang sudah bisa belanja di sana
Akan lebih baik dan aman kalau kamu memiliki teman yang tinggal di Jakarta Pusat. Bisa juga teman satu kampung yang sudah berpengalaman berbelanja di Tanah Abang. Hindarilah membawa anak-anak kalau kamu berbelanja dalam jumlah besar untuk keperluan bisnis.
  • Membawa uang tunai sesuai alokasi belanja
Kadang ATM tidak selalu mudah untuk dijumpai. Jadi kamu tetap harus membawa uang tunai agar transaksi kamu bisa langsung dilakukan. Uang di dompet haruslah sesuai dengan perkiraan belanja yang telah kamu buat. Jika tidak, bisa-bisa kamu belanja melebihi dari target.
  • Hati-hati dan jaga barang bawaan
Meskipun kondisi pasar Tanah Abang sudah sedikit maju dibanding pasar traditional lainnya, tak ada salahnya kamu tetap berjaga-jaga. Kejahatan bisa saja ada di mana-mana tak terkecuali di Tanah Abang. Umumnya yang terjadi adalah pencopetan atau penipuan.
  • Ketahui blok yang akan dikunjungi
Jika kamu pergi sendiri tanpa teman, kamu sudah harus paham blok mana yang akan kamu kunjungi. Di Tanah Abang, setiap jenis barang memiliki tempat khusus.Jadi, sebelumnya kamu harus mengetahui asesoris di blok apa, baju di blok apa dan lantai berapa. Kecuali kamu punya banyak waktu untuk menjelajahi Tanah Abang.
  • Menjalin kerjasama dengan pemilik toko langganan
Daripasa sering wira wiri ke Tanah Abang, kamu yang berada di luar Jakarta bisa berlangganan dengan pemilik toko terpercaya di Tanah Abang.Kalau kamu menemukan toko yang sesuai, harga murah, barang up date dan penjualnya jujur serta ramah, mintalah kontaknya. Kemudian nanti minta dia mengirimkan barang ke daerah kamu.Namun, dalam hal ini juga harus hati-hati. Setidaknya kamu harus membeli langsung beberapa kali terlebih dahulu agar tdak terjadi hal-hal di luar dugaan.**Nah, selamat berbelanja di Tanah Abang.

Related

Shopping 6599214079482763306

Posting Komentar

emo-but-icon

Gomylink.blogspot.com

Menyajikan Info info disekitar kita

Technology

Peluang Usaha

Parenting

Komputer

Otomotif

item