10 tips berbelanja di luar negeri

Jika Anda berada di luar negeri, di suatu negara yang belum tentu akan Anda kunjungi kembali dalam waktu singkat. Sangat disayangkan bila Anda tidak berbelanja, bukan? Bagi kaum Hawa, tidak mungkin Anda tidak dapat menahan diri untuk tidak berbelanja. Apalagi saat Anda berada di pasar tradisional seperti Chinatown (Singapore, Malaysia) atau Mongkok. Belum lagi saat Anda melihat barang-barang yang sulit Anda jumpai di tanah air. Hehehe… mungkin Anda bisa kalap hingga kartu kredit Anda pun harus bekerja keras. Namun tentu saja kita harus tetap bijaksana ketika berbelanja dan membeli oleh-oleh di luar negeri. Berikut 10 tips berbelanja di luar negeri dari kami:

1. Kenali season dan tempat terbaik untuk berbelanja



Tips berbelanja di luar negeri yang pertama adalah cari tahu tentang sale season di negara yang Anda tuju. Biasanya sale season diadakan pada saat pergantian musim, yaitu antara Januari-Februari atau Juni-Juli. Melancong pada saat sale season akan lebih menguntungkan karena saat itu akan ada banyak diskon-diskon harga. Kumpulkan juga informasi tentang lokasi belanja favorit di negara yang Anda kunjungi.
2. Jangan lupa menawar


Tapi nawarnya nggak perlu sengotot ini juga, ya Klikers! :D

Saat Anda sedang berbelanja di pasar tradisional seperti Chinatown atau Pasar Bugis, jangan ragu-ragu untuk menawar. Pada umumnya, para pedagang pastinya akan mematok harga lebih mahal kepada turis. Anda bisa mencoba dengan menawar sampai 50% lebih murah. Bandingkan juga harga barang yang sama dengan yang dijual di kios-kios sebelahnya.

3. Bandingkan harga

Beberapa produk fashion dengan brand tertentu di luar negeri biasanya harganya akan lebih murah dibandingkan bila kita membelinya di Indonesia. Ijinkan saya menyebut beberapa brand, seperti kaos Giordano dan tas Charles n Keith, harganya cenderung lebih murah dibandingkan bila kita membelinya di Indonesia. Anda bisa mempertimbangkannya bila ternyata harganya tidak beda jauh dengan yang di Indonesia. Untuk barang dari brand yang tidak dijual di Indonesia,well… saya rasa Anda tidak perlu berpikir terlalu lama. Kapan lagi Anda bisa membelinya? :p
4. Jangan kalap

Anda mungkin berpikir: “Kapan lagi saya akan datang ke sini?” Yes, that’s right! Tapi bukan berarti Anda harus membeli semua barang hingga kartu kredit Anda mencapai limit. Berbelanjalah sesuai dengan budget Anda. Pikirkan juga apakah barang yang Anda incar tersebut bermanfaat. Boot musim dingin yang terlihat keren saat Anda membelinya di Korea tidak akan cocok dipakai di Indonesia yang beriklim tropis. Think twice! ^^
5. Gunakan kalkulator

Jika Anda berada di pasar tradisional, Anda akan segera mengetahui bahwa tidak semua pedagang dapat berbahasa inggris. Untuk mengatasi hal tersebut, siapkan kalkulator kecil. Ketikkan angka di kalkulator, lalu sodorkan ke pedagang. Anda juga bisa meminjam kalkulator milik pedagang atau menggunakan kalkulator di ponsel Anda.
6. Pilih oleh-oleh yang unik dan berkesan



Memberikan oleh-oleh untuk kerabat di tanah air seolah menjadi kewajiban bagi kita yang melancong ke luar negeri. Klikers, ingatlah bahwa Anda TIDAK WAJIB untuk membelikan oleh-oleh. Berfokuslah untuk membelikan oleh-oleh bagi orang-orang terdekat di hati Anda seperti keluarga atau sahabat karib. Namun, saya yakin Anda masih bakalan nggak enak hati jika tidak membelikan oleh-oleh sama sekali untuk rekan-rekan kantor Anda. Sedikit tips: pilihlah barang-barang dengan harga promo di mana harganya lebih murah bila Anda membeli dalam jumlah banyak, misalnya promo buy 1 get 1 atau $10 untuk 3 item. Saya pribadi tidak merekomendasikan oleh-oleh dalam bentuk gantungan kunci atau tempelan kulkas (standard banget, bo!). Anda bisa memilih pernak-pernik unik khas budaya lokal atau snack lokal yang unik.

7. Bawa tas belanja dengan ukuran cukup besar

Saat di luar negeri, Anda akan banyak berjalan kaki. Akan lebih praktis bila Anda membawa tas belanja berukuran besar di mana Anda bisa memasukkan barang-barang belanjaan Anda ke tas tersebut. Hal ini tentunya akan meminimalkan risiko salah satu kantung plastik belanjaan Anda tertinggal. Selain itu, dengan membawa tas belanja sendiri berarti Anda telah mendukung gerakan Go Green.

8. Tetap waspada akan barang berharga Anda



pickpocket loves tourist!

Siapa bilang copet hanya ada di Indonesia? Lol. Klikers, saat berbelanja biasanya kita akan terfokus pada barang-barang yang kita taksir/tawar. Tapi tetaplah waspada saat Anda sedang sibuk berbelanja, apalagi jika Anda berada di pasar tradisional yang suasananya cenderung cukup ramai. Pastikan semua retsleting tas Anda tertutup rapat. Jika Anda membawa ransel, Anda bisa menggendongnya di depan. Begitu juga bila Anda membawa tas selempang, posisikan tas Anda di depan tubuh Anda (bukan di samping tubuh).

9. Bawa koper cadangan atau travel bag tambahan


contoh foldable bag

Anda pasti pernah mendengar istilah “koper beranak”. Yup, itulah yang kerap terjadi ketika kita pergi liburan. Saking banyaknya oleh-oleh yang kita beli, mendadak koper kita jadi tidak muat. Untuk menyiasatinya, Anda dapat menyiapkan koper ukuran cabin ataupun travel bag tambahan. Sport bag atau tas yang bisa dilipat (foldable bag) dapat menjadi pilihan Anda. Jangan lupa juga untuk membeli bagasi dalam kiloan yang lebih besar saat Anda membeli tiket pesawat pulang. Jangan sampai Anda di-charge karena bagasi Anda kelebihan beban. Membeli tambahan bagasi di bandara juga biasanya lebih mahal.

10. Tax refund


Tax Free Refund di Changi Airport

Anda dapat melakukan klaim pajak atas barang belanjaan Anda dengan nominal tertentu di beberapa negara. Salah satunya adalah di Singapore. Simpan semua struk belanjaan Anda dan Anda dapat melakukan prosedur tax refund ini di bandara. Jangan ragu untuk mencoba melakukannya karena prosesnya tidak ribet, terutama jika Anda berbelanja cukup mahal. Lumayan lho dapat pengembalian pajaknya.

Klikers, itulah 10 tips berbelanja di luar negeri dari kami. Semoga tips ini dapat membantu bagi Anda yang baru akan pertama kali ke luar negeri.

Related

Traveling 4375097854148728905

Posting Komentar

emo-but-icon

Gomylink.blogspot.com

Menyajikan Info info disekitar kita

Technology

Peluang Usaha

Parenting

Komputer

Otomotif

item