Tips Menghemat Uang Belanja Kebutuhan Dapur

Menghemat pengeluaran rutin bulanan merupakan salah satu aspek penting dalam pengelolaan keuangan keluarga. Menghemat belanja kebutuhan dapur bisa jadi salah satu cara menghemat pengeluaran bulanan untuk Ibu Rumah Tangga.

Lalu, bagaimana agar ibu rumah tangga bisa menghemat uang belanja kebutuhan dapur? Berikut ini Finansiala berikan beberapa tips sederhana yang dapat Anda terapkan.

1. Berbelanja Kebutuhan Dapur di Pasar Tradisional
Pada umumnya berbelanja di pasar tradisional lebih murah daripada berbelanja di supermarket atau pasaar modern lainnya.


2. Masak Sendiri
Untuk lebih irit masaklah sendiri kebutuhan makanan daripada membeli makanan jadi. Selain itu, masak sendiri juga membantu Anda memilih makanan yang sehat dan baik untuk keluarga.


3. Masak Sekali dalam sehari
Masaklah makanan dalam jumlah yang cukup bagi keluarga untuk tiga kali makan dalam sehari. Ini akan membantu Anda menghemat biaya, menghemat waktu, dan menghemat energi (listrik atau gas) yang digunakan untuk memasak.


4. Kreatif dalam Mengolah Makanan
Membuat variasi cara mengolah makanan dapat mengurangi kebosanan terhadap masakan dan dapat membuat Anda lebih hemat. Anda dapat mengurangi konsumsi minyak goreng dengan membuat makanan yang dikukus, di rebus, atau dipanggang. Beberapa jenis hidangan mungkin lebih nikmat dimakan dengan lalapan (sayuran yang tidak dimasak).



5. Belanja dalam Kemasan Besar
Belilah makanan yang tahan lama dan sering digunakan seperti minyak goreng atau bumbu kering (ketumbar, kunyit bubuk, kayu manis, dsb) dalam kemasan yang lebih besar (untuk stok beberapa hari), karena ini lebih murah daripaada membeli kemasan kecil.



6. Beli Sayur dan Buah yang Sedang Musimnya
Beberapa jenis sayur dan buah tersedua melimpah di pasar dengan harga murah pada musim tertentu. Manfaatkan momen ini untuk mendapatkan sayur dan buah segar dengan harga yang murah.



7. Buat Rencana Menu Mingguan
Buatlah rencana menu mingguan untuk membantu Anda memilih jenis bahan makanan dan menentukan jumlah yang akan dibeli saat belanja.



8. Catatlah Apa yang Ingin Dibelanjakan
Buatlah catatan untuk membelanjakan apa saja di pasar, ini menghindari Anda memboroskan uang untuk membeli sesuatu yang tidak diperlukan.

Related

Shopping 1289596367549622491

Posting Komentar

emo-but-icon

Gomylink.blogspot.com

Menyajikan Info info disekitar kita

Technology

Peluang Usaha

Parenting

Komputer

Otomotif

item